Menu
0 Comments

Budget

Budget (Anggaran) adalah suatu rencana yang disusun secara sistemetis, yang meliputi seluruh kegiatan perusahaan, yang dinyatakan dalam satuan keuangan (unit moneter), dan berlaku untuk jangka waktu tertentu yang akan datang.

Financial and budget planning concept with calculator notebook and financial chart report on work desk

Dari pengertian tersebut dapat dilihat bahwa suatu Budget mempunyai empat unsure pokok, yaitu:

 

Rencana

Suatu penentuan terlebih dahulu atau penentuan di muka, tentang suatu aktivitas atau kegiatan yang akan dilakukan diwaktu yang akan datang. Ada beberapa alasan yang mengharuskan sebuah perusahaan menyusun sebuah rencana untuk menghadapi masa yang akan datang, antara lain:

Masa yang akan datang penuh dengan berbagai ketidakpastian.

Rencana diperlukan oleh perusahaan sebagai pedoman kerja bagi para karyawan.

Rencana diperlukan oleh perusahaan sebagai alat pengkoordinasian bagi seluruh kegiatan dari seluruh bagian yang ada dalam perusahaan.

Rencana diperlukan oleh perusahaan sebagai alat evaluasi kerja para karyawan.

Meliputi seluruh kegiatan perusahaan

Mencakup semua kegiatan yang akan dilakukan oleh semua bagian yang ada di dalam perusahaan. Secara garis besar kegiatan-kegiatan perusahaan dapat dikelompokkan menjadi lima kelompok, yaitu kegiatan pemasaran (marketing), kegiatan produksi (producing), kegiatan keuangan (financing), kegiatan administrasi (administrating), dan kegiatan pengelolaan SDM (personnel).

Dinyatakan dalam satuan keuangan

Satuan yang dapat dengan mudah diterapkan atau dijalankan dalam berbagai usaha di perusahaan yang beraneka-ragam. Satuan keuangan (unit moneter) yang berlaku di Indonesia yaitu satuan “rupiah” dari simbolnya yaitu Rp.

Berlaku untuk jangka waktu tertentu yang akan datang

Budget yang berlaku untuk masa yang akan datang, dengan batas waktu ditentukan. Diluar batas waktu tersebut, budget yang kita maksud tidak berlaku, sehingga tidak dapat dijadikan sebagai pedoman kerja kita, sebagai alat pengkoordinasian kerja, dan tidak dapat dijadikan sebagai alat evaluasi kerja karyawan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

LIVE Chatagência de marketing digital especializada em estratégias e resultados